Rapat Perdana: Pendataan Sosial Demografi OAP 2022 - Berita - Badan Pusat Statistik Kota Jayapura

Layanan Data dan konsultasi Statistik: Senin - Jumat pukul 09.00 - 15.30 WIT

Kami ASN BPS Kota Jayapura siap menjalankan reformasi birokrasi melalui Zone Integritas menuju WBK dan WBBM

Rapat Perdana: Pendataan Sosial Demografi OAP 2022

Rapat Perdana: Pendataan Sosial Demografi OAP 2022

26 November 2021 | Kegiatan Statistik Lainnya


sahabat statistik-
BPS Kota Jayapura mendapat undangan rapat bersama dari Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Jayapura pada Jumat 26 November 2021. Tim BPS yang di komandani oleh Kepala BPS Kota Jayapura Jeffry Yohanes De Fretes menghadiri rapat yang juga diikuti oleh beberapa OPD diantaranya: Bappeda, Kominfo, BPKAD, Ketua Komisi A DPRD Kota Jayapura yang disertai oleh dua orang staf khusus.
Rapat pukul 15.00 WIT yang dipimpin oleh Sekda: Dr. Frans Pekey, M.Si dimulai dengan topik situasi implementasi otonomi khusus di Papua beserta rangkaian revisi UU Otsus yang dmaksudkan untuk menguatkan peran dan keberpihakan (afirmasi) kepada orang asli Papua. Berlanjut ke topik berikutnya yaitu urgensi penyediaan data Orang Asli Papua (OAP) yang terbaru dan terlengkap dalam rangka program kebijakan yang terarah dan terukur. Terkait dengan itu, maka Pemda Kota Jayapura menginisiasi untuk dilakukannya OAP melalui kerjasama dengan BPS Kota Jayapura. Dalam arahannya, Sekda menyatakan data yang dibutuhkan bukan sekedar Jumlah laki-laki dan perempuan, tapi bagaimana kondisi kondisi sosial, ekonomi, pendidikan, air bersih, perumahan dll khususnya masyarakat OAP di wilayah Kota Jayapura
Ketua Komisi A juga ikut memberi tanggapan dan apresiasi kepada Pemda Kota Jayapura sebagai lembaga ekskutif yang semakin serius dalam mengoptimalkan pengelolaan dana Otsus demi kesejahteraan masyarakat khususnya orang asli papua. Beliau menyatakan bahwa Kota Jayapura sebagai Ibukota Provinsi Papua telah menanggung dampak lingkungan, sosial dan ekonomi selama ini, selain itu Kota Jayapura menjadi tempat pertarungan OAP yang seber-benarnya. Melalui pendataan OAP diharapkan tersedia data yang lengkap dan komprehensif.
Selanjutnya Kepala BPS Kota Jayapura menyajikan paparan seputar rencana pendataan Sosial Demografi OAP dan berbagai persiapan, metodologi, hingga pengolahan dan juga manfaat dari data yang dihasilkan. Diskusi berlangsung dinamis dan mendapat tanggapan positif.
Pada kesempatan itu salah satu topik yang ikut dibahas yaitu rencana pembentukan Forum Data Kota Jayapura. Sekda Kota Jayapura memandang perlunya forum data yang menjadi penggerak kolaborasi dan koordinasi penyediaan data sektoral dilingkungan Pemda Kota Jayapura.

#cinta.statistik
#salam.PIA
#Hentecahi Yo Onomi Tmar Nihanazed





Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kota Jayapura (Statistics of Jayapura City)Jl. Dewi Sartika No. 2 Kota Jayapura 99351 Papua

Telp/Faks (0967) 5187296

Mailbox : pst9471@bps.go.id

instagram : @bps_kota_jayapura

facebook : facebook.com/bps.jayapura

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik