Pendataan Lapangan Susenas Maret 2023 - Berita - Badan Pusat Statistik Kota Jayapura

Layanan Data dan konsultasi Statistik: Senin - Jumat pukul 09.00 - 15.30 WIT

Kami ASN BPS Kota Jayapura siap menjalankan reformasi birokrasi melalui Zone Integritas menuju WBK dan WBBM

Pendataan Lapangan Susenas Maret 2023

Pendataan Lapangan Susenas Maret 2023

10 Maret 2023 | Kegiatan Statistik


Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) merupakan salah satu survei yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) untuk menghasilkan berbagai macam indikator dibidang Sosial dan Ekonomi seperti pendidikan, kesehatan, perumahan, dsb. Susenas dilaksanakan dua kali setiap tahunnya yaitu pada bulan Maret dan bulan September.

Dalam pelaksanaan Susenas Maret 2023, BPS Kota Jayapura menurunkan 17 tim untuk melakukan pendataan terhadap 560 sampel rumah tangga yang tersebar di lima (5) distrik secara door to door pada periode 1-20 Maret 2023.

Dengan waktu yang terbatas, Pengawas dan Pencacah harus mampu memenuhi target penyelesaian pendataan lapangan. Berbagai strategi dilakukan oleh Pengawas dan Pencacah agar mengetahui posisi rumah tangga sampel, sehingga memudahkan saat kunjungan pendataan. Selain itu juga, mengetahui kebiasaan rumah tangga sampel. Pada beberapa rumah tangga terkadang tidak dapat dijumpai pada pagi hingga sore hari, sehingga Pencacah harus mengunjungi rumah tangga di kediamannya saat malam hari. Bahkan ada beberapa rumah tangga sampel yang dikunjungi hingga 4-5 kali baru dapat dilakukan wawancara, karena sering bepergian dan pulangnya tidak menentu. Tidak jarang pencacah meminta bantuan tetangga untuk menyampaikan pesan kepada rumah tangga sampel bahwa akan dikunjungi petugas Susenas untuk melakukan wawancara. Pada  beberapa rumah tangga yang susah untuk dijumpai, Pengawas dan Pencacah harus menyusun strategi agar dapat menemui dan  mewawancarai responden.

Dalam kegiatan tersebut Kepala BPS Kota Jayapura, Jeffry Yohanes Defretes turun langsung melakukan supervisi pendataan lapangan. Hal ini sangat penting untuk menjamin pelaksanaan pendataan sesuai SOP.

Dukungan dan partisipasi masyarakat yang terpilih sebagai sampel Susenas tentunya sangat dibutuhkan dengan memberi data dan informasi sebaik-baiknya agar menghasilkan data Kota Jayapura yang berkualitas dan membantu pemerintah membangun Kota Jayapura dan Indonesia ke arah yang lebih baik.


#Susenas Maret 2023
#ST2023

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kota Jayapura (Statistics of Jayapura City)Jl. Dewi Sartika No. 2 Kota Jayapura 99351 Papua

Telp/Faks (0967) 5187296

Mailbox : pst9471@bps.go.id

instagram : @bps_kota_jayapura

facebook : facebook.com/bps.jayapura

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik