Program Desa Cinta Statistik di Kota Jayapura - Berita - Badan Pusat Statistik Kota Jayapura

Layanan Data dan konsultasi Statistik: Senin - Jumat pukul 09.00 - 15.30 WIT

Kami ASN BPS Kota Jayapura siap menjalankan reformasi birokrasi melalui Zone Integritas menuju WBK dan WBBM

Program Desa Cinta Statistik di Kota Jayapura

Program Desa Cinta Statistik di Kota Jayapura

3 November 2023 | Kegiatan Statistik Lainnya


Desa Cantik: Membangun Literasi Statistik dari Kampung Enggros 

Jayapura- Pemerintah Kampung/kelurahan adalah penyelenggara kegiatan statistik di wilayahnya masing-masing. Hal ini sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang (UU) No 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia (SDI).  
Sehubungan dengan itu, ditahun 2023 BPS kembali melaksanakan program Pembinaan Desa Cantik. Yaitu Desa Cinta Statistik. Program ini merupakan Pembinaan statistik sektoral di tingkat desa secara berkesinambungan dan komprehensif.

Karenanya Desa/kelurahan sebagai  wilayah terkecil menjadi semakin penting karena tidak lagi menjadi objek pembangunan, melainkan sebagai subjek dan ujung tombak pembangunan. Sehingga diperlukan penguatan tata kelola pemerintahan desa, termasuk dalam hal pengelolaan data statistik untuk program pembangunan wilayah.

Tujuan umum dari program ini adalah untuk meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat Kampung/kelurahan dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik. Tujuan berikutnya yaitu Standardisasi Pengelolaan Data Statistik untuk menjaga kualitas dan keterbandingan indikator statistik. Selanjutnya adalah optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik sehingga program pembangunan di desa/kelurahan tepat sasaran. Sedangkan tujuan  terakhir adalah membentuk agen-agen statistik pada level Kampung/kelurahan.

Menyadari pentingnya peran Kampung/kelurahan dalam pengelolaan dan pengembangan literasi statistik, Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Jayapura secara bertahap melaksanakan Program Pembinaan Desa Cantik, termasuk di Kampung Enggros. Ini adalah Kampung ke-3 di Kota Jayapura yang terpilih sebagai desa cantik setelah Kelurahan Gurabesi, dan Vim.
Acara pencanangan dilaksanakan pada Jumat, 03 November 2023 yang dibuka oleh Nur Bi Adji, Asisten 3 Bidang Pemerintahan Kota Jayapura. Dalam sambutannya, Asisten 3 menyampaikan bahwa untuk mensukseskan program Desa Cantik perlu dukungan dari seluruh pihak. Tidak cukup dari BPS sebagai leading sektor pengembangan statistik saja, namun program ini juga perlu dukungan dari pemerintah mulai dari pemerintah pusat, daerah hingga pemerintah desa serta masyarakat. Dengan dukungan yang kuat, program ini dapat berjalan sukses dan pada gilirannya dapat memberikan sumbangsih terhadap pembangunan di Enggros. Sudah  saatnya Kampung Enggros bersolek dengan data dan segala potensi yang dimiliki sehingga menjadi Desa Cantik nan mempesona.

Dalam kesempatan tersebut Yohanes De Fretes, Kepala BPS Kota Jayapura turut menyampaikan bahwa Desa Cantik adalah upaya peningkatan kompetensi aparat Kampung dalam pengelolaan dan pemanfaatan data. Dengan bentuk komunitas statistik desa sehingga perencanaan pembangunan lebih tepat sasaran.
Mari Sukseskan Desa Cantik (PS)

#Cinta Satistik
#Sobat BPS
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kota Jayapura (Statistics of Jayapura City)Jl. Dewi Sartika No. 2 Kota Jayapura 99351 Papua

Telp/Faks (0967) 5187296

Mailbox : pst9471@bps.go.id

instagram : @bps_kota_jayapura

facebook : facebook.com/bps.jayapura

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik