Pelatihan Petugas SHK, SVK, SVPEB dan Pemutakhiran Rumah Tangga STRABS 2023 - Berita - Badan Pusat Statistik Kota Jayapura

Layanan Data dan konsultasi Statistik: Senin - Jumat pukul 09.00 - 15.30 WIT

Kami ASN BPS Kota Jayapura siap menjalankan reformasi birokrasi melalui Zone Integritas menuju WBK dan WBBM

Pelatihan Petugas SHK, SVK, SVPEB dan Pemutakhiran Rumah Tangga STRABS 2023

Pelatihan Petugas SHK, SVK, SVPEB dan Pemutakhiran Rumah Tangga STRABS   2023

9 November 2023 | Kegiatan Statistik


Meningkatkan akurasi data inflasi Kota Jayapura

Jayapura - Rata-rata kenaikan harga secara umum atau dikenal sebagai Inflasi, merupakan salah indikator ekonomi penting  mengenai perkembangan harga barang/jasa. Data Inflasi dimanfaatkan untuk keperluan indeksasi upah/gaji, indikator moneter/perkembangan nilai uang, asumsi APBN, dan menjadi salah satu indikator bagi pemerintah untuk melihat pertumbuhan ekonomi.

         Untuk itu BPS sebagai penyedia data inflasi, terus berupaya menyempurnakan akurasi data inflasi. Salah satunya melalui Pelaksanaan Survei tarif sewa/kontrak rumah, Upah pembantu rumah tangga, Upah baby sitter, dan Uang sekolah tahun 2023 (STRPBS). Survei ini bertujuan memperoleh kerangka sampel terbaru untuk menggantikan kerangka sampel STRPBS yang sudah tidak sesuai lagi dengan kondisi di lapangan. Kegiatan pendataan STRPBS 2023 di 90 kota inflasi di Indonesia, termasuk di Kota Jayapura

         Sehubungan dengan hal itu pada hari Kamis, 09 November 2023 BPS Kota Jayapura melaksanakan pelatihan petugas di Hotel Horison Ultima Entrop, Jayapura. Pelatihan selama dua hari ini diikuti oleh 25 peserta yang terdiri dari 14 ASN BPS Kota Jayapura dan 11 mitra statistik. Selain diberikan materi tentang STRPBS 2023, pada pelatihan ini juga diberikan materi mengenai Survei Volume Penjualan Komoditas Spesifik (SVK), dan Survei Volume Penjualan Eceran Beras (SVPEB). Seluruh survei tersebut merupakan bagian dari Survei Harga Konsumen (SHK) yang bertujuan mengumpulkan data dasar untuk penghitungan inflasi.

         Kegiatan pelatihan petugas dibuka oleh Pejabat Fungsional Statistisi Madya Lia Pujialarasari. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa Kegiatan ini penting dilakukan agar peserta memiliki pemahaman yang sama saat pendataan lapangan sehingga diharapkan akurasi data inflasi di Kota Jayapura semakin meningkat. "Untuk itu agar disimak penjelasan dari narasumber dan jika ada yang kurang jelas bisa langsung ditanyakan". Bertindak sebagai narasumber yaitu Richard Carles Imbenay SST yang akan menyampaikan seluruh materi untuk dipedomani oleh semua petugas lapangan (PS).

#Cinta Data
#statistik berkualitas untuk Indonesia maju
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kota Jayapura (Statistics of Jayapura City)Jl. Dewi Sartika No. 2 Kota Jayapura 99351 Papua

Telp/Faks (0967) 5187296

Mailbox : pst9471@bps.go.id

instagram : @bps_kota_jayapura

facebook : facebook.com/bps.jayapura

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik