Pengolahan Peta dan Titik Bangunan Hasil ST2023 - Berita - Badan Pusat Statistik Kota Jayapura

Layanan Data dan konsultasi Statistik: Senin - Jumat pukul 09.00 - 15.30 WIT

Kami ASN BPS Kota Jayapura siap menjalankan reformasi birokrasi melalui Zone Integritas menuju WBK dan WBBM

Pengolahan Peta dan Titik Bangunan Hasil ST2023

Pengolahan Peta dan Titik Bangunan Hasil ST2023

14 November 2023 | Kegiatan Statistik


Menjaga Kualitas Informasi Geospasial Hasil ST2023

Jayapura, Kegiatan lapangan Sensus Pertanian (ST2023) telah selesai. Kegiatan selanjutnya adalah  pengolahan peta dan titik bangunan hasil ST2023 yang dihasilkan dari kegiatan ST2023. Tiga petugas yang lolos seleksi dimana dua diantaranya adalah petugas organik, telah mengikuti pelatihan pengolahan peta yang diselenggarakan oleh BPS Provinsi Papua pada awal Juli 2023.
       Pelaksanaan pengolahan peta dijadwalkan telah berlangsung sejak bulan Agustus hingga akhir Oktober 2023. Dalam pengolahan peta ini, BPS menggunakan teknologi geospasial dengan pemanfaatan citra satelit. Citra Satelit adalah gambaran permukaan bumi hasil perekaman satelit yang berada di luar angkasa berjarak ratusan kilometer dari paras bumi. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk melihat potensi pertanian secara spasial atau kewilayahan di Indonesia
       Output yang dihasilkan dari kegiatan ini nantinya adalah geospasial statistik pertanian berupa Peta Wilkerstat ST2023, serta Kerangka Geospasial Tutupan Lahan. Peta Wilkerstat meliputi peta Provinsi, kabupaten, kecamatan, desa, Blok Sensus (BS), dan Satuan Lingkungan Terkecil (SLS).

       Pada Pemutakhiran Kerangka Geospasial Wilkerstat ST2023, batas peta yang diperbarui adalah batas SLS (RT/RW), batas Kp/ Kelurahan dan Distrik yang terdampak pembaruan tersebut. Pembaruan batas SLS (RT/RW) pada Wilkerstat ST2023 menggunakan software Qgis dengan memanfaatkan titik koordinat (geotagging) batas SLS yang diambil oleh petugas lapangan dan dipadukan dengan citra satelit dari Google (Goolge Hybrid) dan Spacemap Lapan.
       Selain geotagging batas SLS, petugas lapangan juga telah melakukan pengambilan titik koordinat pada wilayah sampel tutupan lahan. Informasi geotagging tutupan lahan tersebut selanjutnya diolah dengan citra satelit dengan resolusi spasial sedang dengan swath yang lebar yang dinamakan Sentinel-2.

       Pengolahan geotagging tutupan lahan dengan Sentinel-2 menghasilkan nilai spectral band. Data spectral tersebut diolah menggunakan Machine Learning untuk memperoleh peta kerangka geospasial tutupan lahan pertanian. Pemutakhiran Wilkerstat ST2023 dengan pemanfaatan Citra Satelit ini merupakan upaya BPS dalam menyediakan Kerangka Geospasial yang mutakhir dan berkualitas.
       Dengan tersedianya peta layout Wilkerstat ST2023 berbasis Citra Satelit diharapkan pemanfaatannya dalam berbagai sensus/ Survey akan lebih mudah mengenali batas-batas wilayah kerjanya.

#ST2023
#Cinta Data

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kota Jayapura (Statistics of Jayapura City)Jl. Dewi Sartika No. 2 Kota Jayapura 99351 Papua

Telp/Faks (0967) 5187296

Mailbox : pst9471@bps.go.id

instagram : @bps_kota_jayapura

facebook : facebook.com/bps.jayapura

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik