Pelatihan Petugas Survei Neraca Pengeluaran Tahun 2023 - News - BPS-Statistics Indonesia Jayapura Municipality

Data and statistical consultation services: Monday - Friday at 09.00 - 15.30 WIT

We are ready to apply bureaucratic reform by implementing an integrity zone in all aspects of our work towards a Corruption Free Area and a Clean and Serving Bureaucratic Region

Pelatihan Petugas Survei Neraca Pengeluaran Tahun 2023

Pelatihan Petugas Survei Neraca Pengeluaran Tahun 2023

July 6, 2023 | Other Activities


         Indikator penting untuk mengetahui kondisi perekonomian suatu wilayah dalam suatu periode tertentu salah satunya adalah Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). PDRB ini merupakan nilai tambah bruto atau balas jasa faktor produksi yang dihasilkan di suatu wilayah yang timbul akibat berbagai aktivitas ekonomi dalam suatu periode tertentu. PDRB diperoleh dengan beberapa pendekatan yaitu salah satunya pendekatan pengeluaran. Penghitungan PDRB menurut pengeluaran ini akan menggambarkan bagaimana penggunaan barang dan jasa yang diproduksi oleh berbagai golongan dalam masyarakat.
        Dalam penghitungannya, PDRB pengeluaran terdiri dari komponen pengeluaran konsumsi rumah tangga, pengeluaran konsumsi lembaga swasta nirlaba, pengeluaran konsumsi pemerintah, pembentukan modal tetap bruto, ekspor neto (ekspor minus impor), dan perubahan stok. Data yang diperlukan tidaklah sedikit, bahkan beberapa diantaranya tidak tersedia di subject matter BPS sehingga membutuhkan survei khusus lain yang mendukung penyediaan data. Berkaitan dengan hal tersebut, BPS Kota Jayapura menyelenggarakan "Pelatihan Petugas Survei Neraca Pengeluaran Tahun 2023". Survei yang dimaksud meliputi SKLNPT dan updating LNP, SKPS, SKSIP, SKSPPI, NTA. Survei-survei ini sangat penting untuk mengumpulkan data dalam penyusunan PDRB Pengeluaran.
       Hadir secara langsung dalam pembukaan pelatihan, Kepala BPS Kota Jayapura, Jeffry Yohanes de Fretes S.Kom, M.M. Pelatihan dilaksanakan selama 2 hari, yaitu tanggal 06-07 Ju1i 2023 di Hotel Horison Kotaraja. Dalam sambutannya, pimpinan menyampaikan bahwa pelatihan ini sangat penting dilakukan untuk memberikan pemahaman yang baik kepada seluruh petugas sebelum memulai pendataan lapangan. Besar harapan beliau, seluruh petugas mengikuti pelatihan dengan baik sehingga petugas mampu menerapkan ilmu yang diperoleh dan menyelesaikan pendataan dengan data yang dapat dipertanggungjawabkan serta sesuai dengan jangka waktu yang telah ditetapkan.

#SuksesST2023
Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik Kota Jayapura (Statistics of Jayapura City)Jl. Dewi Sartika No. 2 Kota Jayapura 99351 Papua

Telp/Faks (0967) 5187296

Mailbox : pst9471@bps.go.id

instagram : @bps_kota_jayapura

facebook : facebook.com/bps.jayapura

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia