Pelatihan Survei Kesejahteraan Petani 2023 (SKP-2023) - Berita - Badan Pusat Statistik Kota Jayapura

Layanan Data dan konsultasi Statistik: Senin - Jumat pukul 09.00 - 15.30 WIT

Kami ASN BPS Kota Jayapura siap menjalankan reformasi birokrasi melalui Zone Integritas menuju WBK dan WBBM

Pelatihan Survei Kesejahteraan Petani 2023 (SKP-2023)

Pelatihan Survei Kesejahteraan Petani 2023 (SKP-2023)

14 Agustus 2023 | Kegiatan Statistik


SKP Untuk Kesejahteraan Petani Indonesia


Jayapura, Petani adalah penggerak disektor pertanian. Salah satu tujuan utama pembangunan pertanian adalah meningkatkan kesejahteraan petani dan keluarganya. Kesejahteraan petani dapat dilihat dengan berbagai proxy indikator yaitu Nilai Tukar Petani (NTP), Nilai Tukar Usaha Pertanian (NTUP), dan tingkat kemiskinan. NTP merupakan ukuran kemampuan daya tukar/beli petani di perdesaan, sedangkan NTUP adalah ukuran kemampuan petani dalam memenuhi kebutuhan usaha pertaniannya.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka diperlukan indikator lain yang presisi dalam mengukur kesejahteraan petani. Untuk itu Badan Pusat Statistik (BPS) melaksanakan Survei Kesejahteraan Petani 2023 (SKP-2023) dengan tujuan untuk mendapatkan indikator kesejahteraan petani dengan memperhatikan aspek multidimensi. Indikator yang dihasilkan akan mencakup dimensi pendapatan dan sumber daya, pendidikan, kesehatan, standar hidup layak, ketahanan pangan dan gizi, serta mitigasi risiko. Survei Kesejahteraan Petani dilaksanakan di seluruh provinsi di Indonesia dengan mendata informasi terkait dimensi tersebut pada rumah tangga pertanian yang berusaha pada subsector tanaman pangan, tanaman hortikultura, tanaman perkebunan rakyat, peternakan, dan perikanan (kelompok perikanan tangkap dan budidaya). Dengan demikian, diharapkan indikator kesejahteraan petani yang akan dihasilkan dapat menggambarkan kondisi kesejahteraan petani di Indonesia sehingga membantu pemerintah dalam mengeluarkan kebijakan yang tepat sasaran untuk meningkatkan pembangunan pertanian
Terkait dengan itu BPS Kota Jayapura telah menyelenggarakan Pelatihan Petugas SKP-2023 selama 2 hari efektif dari tanggal 14-15 Agustus 2023 di ruang pertemuan BPS Kota Jayapura. Kegiatan pelatihan yang diinstrukturi oleh Pak Sahyudi diikuti oleh 2 orang petugas pendataan lapangan (PPL) dan 1 orang petugas pemeriksa lapangan (PML) yang dibuka oleh Pejabat Fungsional Statistisi Madya Lia Pujialarasari.
      Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa SKP diharapkan dapat menghasilkan indikator kesejahteraan petani yang mampu menggambarkan kondisi kesejahteraan petani di Indonesia sehingga membantu pemerintah dalam Menyusun kerangka kebijakan yang tepat sasaran untuk meningkatkan pembangunan sektor pertanian. Beliau juga menekankan agar seluruh petugas senantiasa menyimak baik seluruh penjelasan dari instruktur sehingga petugas dapat melakukan tugas dan fungsinya dengan baik pada saat proses pengumpulan data di lapangan, sehingga kualitas data dapat terjaga.

#Untuk Kesejahteraan Petani
#Cinta Data
#SKP2023
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kota Jayapura (Statistics of Jayapura City)Jl. Dewi Sartika No. 2 Kota Jayapura 99351 Papua

Telp/Faks (0967) 5187296

Mailbox : pst9471@bps.go.id

instagram : @bps_kota_jayapura

facebook : facebook.com/bps.jayapura

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik