Pelatihan Petugas Survei Pergudangan, Ekspedisi dan Kurir (VPEK) Tahun 2024 - Berita - Badan Pusat Statistik Kota Jayapura

Layanan Data dan konsultasi Statistik: Senin - Jumat pukul 09.00 - 15.30 WIT

Kami ASN BPS Kota Jayapura siap menjalankan reformasi birokrasi melalui Zone Integritas menuju WBK dan WBBM

Pelatihan Petugas Survei Pergudangan, Ekspedisi dan Kurir (VPEK) Tahun 2024

Pelatihan Petugas Survei Pergudangan, Ekspedisi dan Kurir (VPEK) Tahun 2024

4 Juli 2024 | Kegiatan Statistik


Sahabat Data - Pernah anda membeli barang dari luar kota atau bahkan luar negeri melalui jasa kurir atau ekspedisi? pernahkah membeli beras, jeruk, ikan kembung, atau lainnnya?
Nah, kalau sudah pernah, apakah anda tahu berapa kontribusi sektor logistik seperti kurir/ekspedisi terhadap PDB Indonesia? dan indikator penting lainnya
       Saat ini BPS Provinsi Papua telah melaksanakan pelatihan petugas Survei Pergudangan, Ekspedisi dan Kurir (VPEK) Tahun 2024 yang diintegerasikan dengan Survei Pola Distribusi (Poldis) 2024. Tujuan dari dilaksanakannya VPEK dan Poldis ini salah satunya adalah untuk mendapatkan data/informasi terkait pertumbuhan sektor logistik khususnya pergudangan dan pengiriman barang (kurir/ekpedisi) yang merupakan indikator penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia, dan untuk mengetahui pola distribusi serta margin perdagangan dari suatu komoditas
       Data dan informasi yang didapatkan nanti akan digunakan oleh para stakeholder untuk bahan perencanaan dan bahan evaluasi terkait sektor logistik dan pola distribusi komoditas mulai dari produsen hingga ke konsumen akhir.
       Secara khusus, Survei Pergudangan, Ekspedisi dan Kurir (VPEK) Tahun 2024 mempunyai tujuan, yaitu:
1. Mendapatkan direktori perusahaan pergudangan, ekspedisi, dan kurir.
2. Mendapatkan dan menyajikan data/informasi karakteristik perusahaan pergudangan, ekspedisi, dan kurir.
3. Mendapatkan dan menyajikan data/informasi usaha pergudangan, ekspedisi, dan kurir berdasarkan nilai produksi, pendapatan, dan pengeluaran.
4. Mendapatkan dan menyajikan data/informasi prospek ekonomi dan permodalan usaha pergudangan, ekspedisi, dan kurir.
       BPS Provinsi Papua melaksanakan Pelatihan Petugas VPEK-24 melalui zoom pada tanggal 3 – 4 Juli 2024. Pelatihan ini diikuti oleh seluruh calon petugas yang berasal dari BPS Kabupaten/Kota di lingkup BPS Provinsi Papua.
       BPS Kota Jayapura mengirimkan 6 (enam) orang calon petugas lapangan yang akan melakukan pendataan selama bulan Juli hingga Agustus 2024. Pelatihan petugas ini bertujuan untuk melatih petugas yang akan melakukan pendataan Survei Pergudangan, Ekspedisi dan Kurir (VPEK) Tahun 2024.
       VPEK-24 diharapkan dapat melengkapi kebutuhan data statistik transportasi khususnya subsektor pergudangan, ekspedisi, dan kurir, serta dapat digunakan sebagai kerangka dasar dalam merencanakan kegiatan statistik transportasi pada masa yang akan datang.
       Selain itu, hasil dari Survei Poldis diharapkan dapat memberikan gambaran pola distribusi perdagangan dalam negeri sebagai acuan dibangunnya sistem distribusi perdagangan yang lebih efisien. Selain itu, margin perdagangan dan pengangkutan total pendistribusian komoditas yang diteliti mulai dari produsen sampai ke konsumen akhir dapat diperoleh.
       Kepada Pace-Mace dong semua di Kota Jayapura, mari kita dukung kegiatan Survei Pergudangan, Ekspedisi dan Kurir (VPEK) Tahun 2024 di Kota Jayapura, dengan menerima dan memberikan keterangan selengkap-lengkapnya kepada petugas yang mendata (PS).

Terimakasih

#BPS.penyedia.data.statistik.berkualitas
#Cinta Satistik
#Sobat BPS
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kota Jayapura (Statistics of Jayapura City)Jl. Dewi Sartika No. 2 Kota Jayapura 99351 Papua

Telp/Faks (0967) 5187296

Mailbox : pst9471@bps.go.id

instagram : @bps_kota_jayapura

facebook : facebook.com/bps.jayapura

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik